PANAHAN : Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) mengajukan dana sebesar Rp 2,34 miliar untuk biaya peralatan latihan Asian Games 2014. Dibandingkan cabang olahraga lain, angka inilah yang terbesar.
Ada yang mau lihat lihat koleksi atau membeli KAOS DAKWAH atau KAOS DISTRO bisa di lihat stok nya di GHIRAH

Mengapa angkanya bisa sebesar itu? Rupanya karena harga alat-alat olahraga panahan memang tergolong mahal.
“Busurnya bisa puluhan juta. Terus anak panah harganya antara Rp 600.000 – 700.000 per buah,” kata pelatih panahan Daniel Lumalesil di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (24/3).
Tiap pemanah idealnya membutuhkan dua lusin anak panah. Selusin untuk latihan dan selusin untuk pertandingan. Menurut Daniel tiap anak panah idealnya diganti per enam bulan sekali.
Ada dua nomor di cabang panahan, recurve dan compund. Di nomor compund, anak panah yang dipakai bisa lebih boros lagi. Penyebabnya adalah karakteristik nomor ini yang lebih bertenaga daripada recurve.
Di Asian Games 2014, PP Perpani sudah menyiapkan 12 atlet. Jumlah itu bisa bertambah jika tiga atlet tambahan yang diajukan PP Perpani, yaitu Riau Ega, Hendra Purnama, dan Hanif Wijaya disetujui oleh Satlak Prima.

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Ikut Olahraga Panahan

Memanah kini menjadi hobi yang cukup digandrungi anak muda Jakarta dan sekitarnya. Ada yang menekuninya sekadar untuk kegemaran, ada pula yang ingin serius menjadi atlet panahan.
Di Indonesia, sekolah khusus panahan terbilang belum terlalu banyak. Dua diantaranya yang sudah cukup terkenal adalah Indonesian Archery School Program yang berbasis di Depok, Jawa Barat dan Jakarta Archery Centre, Senayan.
Bagi Anda yang tertarik dengan olahraga yang mulai populer berkat film-film seperti The Hunger Games dan 3 Srikandi ini, biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau. Di Indonesian Archery School Program misalnya, dikenakan biaya Rp 75 ribu per sesi dengan durasi 1 hingga 1,5 jam.
“Kita nggak ada perbedaan biaya untuk anak-anak dan dewasa,” ujar Eka Septia Wulan, seorang pelatih panahan saat dihubungi Wolipop pada Senin (14/9/2015).
Pelatihan memanah diberikan secara intensif, satu pelatih hanya boleh memegang maksimal tujuh murid orang dewasa. Sementara untuk anak-anak usia 7 hingga 10 tahun maksimal satu pelatih lima murid. Namun itu bisa disesuaikan dengan kondisi, misalnya untuk murid berkebutuhan khusus mungkin diperlukan penanganan yang lebih terfokus sehingga pelatih tidak bisa memegang terlalu banyak anak.
“Satu sesi biasanya ada 15 orang. Di sini kita juga masuk ke sekolah-sekolah di Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang sebagai ekskul. Sekolah swasta biasanya,” ujar Wulan.
Sementara Jakarta Archery Centre menetapkan biaya sebesar Rp 100 ribu per kunjungan. Ada pula harga paket, Rp 350 ribu untuk empat sesi dan Rp 800 ribu untuk 12 kali kunjungan.
Apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa mengikuti latihan panahan yang sedang booming ini? “Bawa diri saja karena semua sudah disiapkan di sini mulai dari busur, anak panah dan safety guard,” tukas wanita yang menekuni olahraga panahan sejak 2012 ini.
Jadi harga panahan nya berapa ? simak terus aja
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: