Anda mungkin pernah mendengar tentang WordPress Multisite - adalah konfigurasi WordPress yang memungkinkan pengguna peluncuran beberapa situs dari situs utama mereka. Ini bukan sesuatu yang kebanyakan pengguna mungkin tahu, tapi layak mendapatkan rincian untuk menentukan apakah itu tepat untuk situs Anda.
Di bawah ini adalah panduan bagi pengguna WordPress yang tertarik pada apa yang Multisite dapat dilakukan, dan apakah itu tepat untuk mereka.

Ada yang mau lihat lihat koleksi atau membeli KAOS DAKWAH atau KAOS DISTRO bisa di lihat stok nya di GHIRAH

Apa itu WordPress Multisite?

WordPress Multisite adalah "mode" khusus yang dibangun dengan WordPress, yang memungkinkan Anda untuk membuat jaringan beberapa situs Web, semua berjalan pada satu instalasi WordPress, bisa berupa subdomain dan bisa berupa subfolder.


Contoh Penggunaan Wordpress Multisite yang tepat

Kapan sebaiknya Anda menggunakan wordpress multisite?
Cara terbaik untuk menggambarkan hal ini akan dengan beberapa contoh-contoh nyata dibawah ini.


Mungkin penggunaan paling populer dari WordPress Multisite adalah WordPress.com, yang merupakan layanan blog host di mana setiap orang dapat dengan cepat dan mudah membuat blog pribadi mereka sendiri, contohnya : nakedled.wordpress.com adalah subdomain dari wordpress.com. Setiap blog yang dibuat di WordPress.com adalah situs lain tersendiri berupa subdomain yang ditambahkan ke jaringan Multisite besar.
University of Maine



Website Universitas menyajikan kesempatan besar untuk memanfaatkan WordPress Multisite, karena mereka memiliki sejumlah besar konten, sering dipisahkan menjadi beberapa sub-bagian (perguruan tinggi, Fakultas, jurusan, dll). The University of Maine menggunakan WordPress Multisite untuk jaringan dan mengelola berbagai departemen akademik.
TeachForUs

TeachForUs adalah jaringan blogging untuk Teach For America, di mana guru dan alumni dari Teach For America dapat membuat blog sendiri untuk berbagi ide dalam organisasi maupun dengan masyarakat. Meskipun setiap blog tinggal di URL sendiri, situs utama menampilkan feed dari posting terbaru dari seluruh jaringan blog.

Apa Perbedaan Wordpress Multisite dengan yang biasa?

Jika Anda telah biasa bekerja dengan WordPress, tapi tidak WordPress Multisite, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang berbeda antara keduanya.
Berikut adalah perbedaan utama.
  • Role "Super Administrator" : Dalam WordPress biasa, "administrator" peran memiliki izin tertinggi di situs. WordPress Multisite masih memiliki peran administrator untuk setiap situs, tetapi ada juga yang "super administrator." Super administrator ini punya akses ke setiap situs pada jaringan, dengan kemampuan untuk mengelola segala sesuatu di setiap situs.
  • Network Admin: Selain dashboard untuk setiap situs individu pada jaringan WordPress Multisite, ada dashboard admin lain yang disebut "Network Admin". Hanya Super administrator yang dapat mengakses dashboard ini.
  • Plugin dan Themes: Perbedaan penting antara WordPress biasa dan WordPress Multisite adalah bagaimana plugin dan themes dikelola. Di WordPress Multisite, plugin dan themes dipasang di network admin, dan tersedia untuk digunakan di situs di jaringan. Ada dua cara untuk mengaktifkan plugin atau themes: Pada tingkat admin jaringan, Anda dapat "network activate" plugin atau "network enable" themes. Ini akan membuat aktif Plugin atau membuat themes yang tersedia untuk digunakan di setiap situs dalam jaringan. Cara lain adalah dengan mengaktifkan plugin atau themes di tingkat situs tunggal untuk setiap situs individu.

Plugin dan Sumber Referensi

WordPress Multisite dapat menjadi platform yang kuat untuk digunakan langsung dari kotak (out-of-thebox}. Tapi ada beberapa plugin dan sumber referensi yang bisa sangat berguna.
  • Dokumentasi resmi di WordPress.org Codex: Membaca dokumentasi ini adalah suatu keharusan.
  • WordPress MU Domain Mapping: Plugin ini memudahkan untuk memetakan domain unik untuk setiap situs pada jaringan Anda.
  • WordPress Blog Replicator: Ini berguna jika Anda membuat banyak situs pada jaringan Anda dan ingin cepat / mudah meniru seluruh konfigurasi satu "template" situs. Hal ini dapat meniru segala sesuatu termasuk halaman Anda, posting, pengaturan plugin, widget, dan banyak lagi.
  • GravityForms + Add-on: Bentuk Gravity, sebuah plugin bentuk yang fantastis, memiliki add-on yang tersedia disebut "pendaftaran pengguna", yang membuatnya mudah untuk menambahkan bentuk front-end di mana pengunjung dapat mendaftarkan situs-situs baru pada jaringan Anda. Ini berguna jika Anda ingin membuka jaringan kepada publik dan memungkinkan orang untuk membuat sebuah situs.
Demikian sedikit informasi awal tentang apa itu wordpress multisite semoga bisa berguna bagi pembaca.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: