Sebagai seorang blogger wajib hukumnya bagi kita untuk melakukan pengecekan posisi blog di Google, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa teknik SEO yang kita jalankan benar-benar bekerja dengan sempurna.

Ada yang mau lihat lihat koleksi atau membeli KAOS DAKWAH atau KAOS DISTRO bisa di lihat stok nya di GHIRAH

Namun sayangnya untuk melakukan pengecekan posisi atau ranking blog di Google membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika bposisi blog kita ada di halaman terakhir, jelas akan membuang banyak waktu Anda.

Walaupun sudah ada tool semacam serpchecker untuk mempermudahnya, namun faktanya justru tool tersebut akan menguras uang kita, karena sejauh ini saya belum 1 tool pun yang memberikan layanan pengecekan ranking blog gratis secara unlimited, kebanyakan hanya menawarkan maksimal 10 keyword, jika lebih dari itu maka kita diminta untuk mengupgrade membership menjadi premium.

Tetapi, tidak perlu khawatir, karena kabar baiknya di artikel ini saya akan memberikan informasi kepada Anda cara sederhana yang selama ini saya lakukan untuk mengecek posisi ranking blog di Google secara akurat dan unlimited tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Saya rasa cukup basa-basinya, sekarang saatnya masuk pada pembahasan utama tentang cara cek ranking blog Anda di Google. Persiapkan dulu toolnya.



Tool Untuk Cek Ranking Blog


Ada 2 tool yang akan kita gunakan untuk melakukan pengecekan ranking blog. Tidak perlu khawatir, kedua tool ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Kedua tool tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Browser (Google Chrome)
  • Scraper (Chrome Plugin)

Link download, terutama untuk plugin scraper akan saya berikan dibawah. Jadi Anda tidak perlu capek-capek untuk mencarinya.


Cara Untuk Cek Ranking Blog

Tutorial ini akan saya tulis dengan sangat sederhana agar mudah dipahami oleh pemula, namun jika dirasa kurang jelas, kedepan akan saya coba untuk menambahkan video tutorialnya. Oke, mungkin langung saja berikut tutorial cek ranking situs di Google.

  1. Download dan install plugin scraper
Plugin scraper bisa Anda dapatkan secara gratis melalui chrome webstore, silahkan Anda buka https://chrome.google.com/webstore lalu ketikkan scraper atau jika tidak ingin repot mencarinya Anda bisa langsung klik link berikut ini untuk mendownloadnya disini Scraper.

2. Buka google.com, lalu ketikkan kata kunci yang ingin dicek

  1. Sebenarnya tidak harus google.com, Anda bisa menggunakan google.co.id atau Google dari negara manapun, tapi pada contoh kali ini saya akan menggunakan google.com sebagai bahan percobaan.
  2. Tambahkan &num=100&pws=0 diakhir url
  1. Kode diatas terdiri dari dua syntax, syntax pertama adalah &num=100 dan syntax kedua adalah &pws=0. Penjelasan singkatnya &num=100 digunakan untuk menampilkan 100 hasil pencarian blog dalam 1 halaman, jadi kita tidak perlu repot-repot mengklik 10 halaman untuk mendapatkan 100 hasil pencarian.

    Untuk penjelasan syntax kedua &pws=0 sebenarnya sangat sederhana yaitu digunakan untuk menyembunyikan hasil pencarian pribadi, jadi konsepnya sama seperti jika kita melakukan pencarian menggunakan mode Private atau Inconigto, hal ini akan membuat hasil pencarian menjadi lebih akurat.
  2. Klik kanan dibagian title post dan pilih scrape simillar
  1. Disinilah fungsi dari tool scaper, kita akan menggunakannya untuk mengecek ada di posisi berapakah blog kita. Cara menggunakan tool scraper juga terbilang mudah, Anda hanya perlu klik kanan dibagian title post lalu pilih menu scraper simillar untuk mengaktifkan plugin scraper.
  2. Masukkan //div/h3/a/@href dibagian xPath lalu klik scrape
  1. Lebih jelasnya Anda bisa melihat contoh gambar diatas, hapus kode yang sudah ada, lalu ubah dengan kode yang saya berikan diatas. Perbedaan kode yang Anda dapakan dengan saya berikan terletak pada @href dimana kode ini fungsinya untuk mempersempit hasil scrape agar hanya menampilkan link saja tanpa title post.
  2. CTRL + F, ketik url blog Anda
Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mencari ada di posisi berapakah blog Anda. Untuk mempermudahnya Anda bisa mencari dengan menekan command CTRL+F lalu silahkan ketikkan url blog yang ingin Anda cek posisinya.




Axact

ARTIKEL BELAJAR SEO

ARTIKEL BELAJAR SEO Adalah sebuah blog yang membahas search engine optimization khususnya search pada mesin pencarian yang paling terkenal GOOGLE. Sebagian artkel ini kami Copas dari berbagai sumber, tidak mengurangi hormat kami, kami mohon maaf jika artikel anda kena copas semoga ilmu yang anda tulis di blog bisa bermanfaat dan tentunya pahala akan mengalir kepembuat tulisan pertama..Aamiin

Post A Comment:

0 comments: