ARTIKEL BELAJAR SEO : Tips menulis artikel dengan cepat – Seni menulis itu memiliki banyak sekali cabang, mulai dari menulis indah hingga menulis sastra. Selain itu, hasil dari tulisan itu juga banyak sekali macamnya, mulai dari tulisan berbentu karya ilmiah hingga tulisan bentuk jurnalistik.

Tips Menulis Artikel dengan Cepat yang Belum Banyak Orang Tahu


Setiap penulis memiliki keahlian menulis masing masing, tidak semuanya punya kemampuan dalam hal menulis. Orang yang pandai menulis berbagai jurnal pengetahuan, belum tentu dia bisa membuat cerita, demikian pula sebaliknya.

Namun yang akan saya khususkan disini adalah membahas mengenai tips menulis artikel dengan cepat untuk kalangan blogger. Jadi tulisan yang dimaksud ya tulisan semacam ini, bukan tulisan lain seperti halnya cerita, puisi, atau lainnya.

Gaya bahasa dari penulisan seorang blogger itu sesuai style dari si penulis sendiri. Ada yang suka menggunakan bahasa jurnalistik seperti pada berita, ada juga yang menggunakan gaya santai, bahkan ada yang menggunakan perpaduan antara keduanya.

Kalau saya sendiri, suka nulis secara santai. Nggak memakai aturan tertentu seperti penulisan berita semacam piramida terbalik dan sebagainya. Saya lebih suka mengutarakan seputar inti permasalahan pada beberapa paragraf dengan sangat minim.

Lalu pada bagian tengah artikel baru diberi inti permasalahan dengan menggunakan poin poin agar ketebacaan lebih mudah. Karena sebenarnya, paragraf paragraf awal itu akan mendorong seseorang untuk membaca lebih lanjut artikel tersebut. Jadi dibaca atau tidaknya artikel itu kadang berasal dari bagaimana pembahasan dan gaya bahasa pada paragraf paragraf awal.

Tak hanya gaya penulisan saja yang perlu diperhatikan. Kita sebagai seorang blogger juga dituntut untuk bisa menulis artikel dengan cepat dan berkualitas. Hal ini karena blogger semakin banyak berkembang di dunia ini. Jadi kalau kita lengah sedikit saja dalam hal update artikel, maka akan kalah saing dengan yang lainnya. Apalagi jika kita hanya mengandalkan satu orang penulis saja, yaitu diri kita sendiri. Maka hal itu akan sangat berat untuk kita coba.

Maka dari itu, kebutuhan untuk menulis cepat itu sangat dibutuhkan bagi kita selaku blogger. Maka dari itu saya disini akan memberikan pembahasan lebih lanjut mengenai tips menulis artikel dengan cepat. Sehingga anda dapat menghasilkan banyak artikel. Jika banyak artikel itu akan semakin banyak artikel dan akan semakin banyak penghasilan yang masuk. Tentu hal ini sangat menguntungkan bukan.

Tips Menulis Artikel dengan Cepat

Mungkin beberapa cara dibawah ini tidak bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap diri anda dalam menghasilkan artikel dengan cepat. Namun anda butuh waktu untuk menyesuaikan kondisi ini dan terus melatih sebaik mungkin untuk bisa menulis artikel sebaik mungkin. Karena apapun itu, semuanya harus dilakukan dengan berlatih dan berlatih.

Langsung saja inilah beberapa trik dan kiat menulis artikel dengan cepat yang dapat anda lakukan.

1. Percepat kemampuan menulis


menulis artikel dengan cepat
Mempercepat kemampuan menulis atau mengetik itu adalah hal yang harus diutamakan. Karena inti dari menulis cepat itu bukan soal kecepatan mendapatkan ide saja, melainkan harus cepat juga dalam menulis. Karena jika anda sudah bisa cepat menulis dengan cepat, maka saat ada ide, anda bisa langsung menuliskannya, jadi ide tidak hilang di tengah jalan.

Mempercepat kemampuan menulis adalah hal yang bisa dibilang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Saya saja yang sudah belajar mengetik cepat selama 2 bulanan, baru bisa mendapatkan kecepatan menulis diatas 65 kata per menit.

Salah satu ciri seorang yang sudah bisa menulis dengan cepat, itu seolah olah tangan sudah punya hubungan langsung dengan ide ide. Jadi saat otak menyampaikan suatu kata, maka otot otot jari jari akan mengarahkan ke masing masing tuts huruf yang dituju.

Jadi kalau sudah jago nulis, mau layar nya ditutup, atau pun tidak melihat keyboar pasti tidak typo. Karena bagaimanapun juga, hal ini sudah terekam di alam bawah sadar seseorang untuk merekam setiap kebiasaan yang dia lakukan.

Dulu masih waktu pertama kali saya pegang keyboar laptop dan belajar ngetik, nulis satu paragraf saja bisa membutuhkan waktu 15 menit. Hal ini karena jari jari belum terbiasa dan belum pernah merekam apa yang harus dilakukan.

Jadi setiap ngetik harus lihat keyboard dan lihat layar berkali kali dan setiap kata juga salah lalu perbaiki begitu seterusnya. Namun lama kelamaan juga akhirnya dapat dengan ringan menulis dengan mudah walau belum bisa secepat mereka yang profesional.

Namun apabila seorang itu sudah trampil dan cepat dalam menulis artikel, lalu setelah sekian lama tidak nulis juga pasti masih memiliki kemampuan tersebut dengan baik. Ya mungkin harus menyesuaikan, namun pastinya hal itu tidak akan lama.

Ini sama halnya dengan anak kecil yang belajar bersepeda. Walaupun dia belajar waktu kecil hingga ia mahir, lalu dia sekian lama tidak pernah naik sepeda, saat dewasa dia menjajal hal itu, dia pasti masih bisa menaiki sepeda dengan baik. Ini karena memory yang masih tersimpan dengan baik di otak kita dan otot jari kita.

Gunakan tools untuk melatih menulis

Maka dari itu, mulai sekarang anda harus bisa belajar menulis dengan cepat. Lakukan hingga mahir. Anda bisa menggunakan situs online untuk belajar mengetik. Misalnya dengan menggunakan 10fastfingers. Anda bisa mencobanya menggunakan bahasa Indonesia lalu bisa mengetahui hasil testnya seberapa banyak. Silakan anda bisa mencobanya disini: 10fastfinger test bahasa Indonesia.

Ingat, kecepatan mengetik adalah kunci utama untuk bisa menulis artikel dengan cepat. Agar bisa mengetik lebih cepat, anda harus bisa menulis dengan memanfaatkan 10 jari yang dimiliki. Selain itu, anda tak perlu melihat keyboard agar tidak memakan banyak waktu. Maka dari itu, anda harus selalu mengasah kemampuan itu sebaik mungkin.

Pasti akan kesulitan pada awalnya, misalnya menekan tombol huruf sesuai aturan 10 jari. Saya juga dulu seperti itu. Contoh menekan pada huruf b dengan jari telunjuk kiri. Dulu saya lebih mudah menekan dengan jempol kiri, atau saat menekan backspace, dulu saya suka menggunakan jari tengah kanan, sekarang lebih mudah menggunakan jari kelingking kanan yang sesuai dengan aturan.

Mungkin anda bisa menulis dengan cepat menggunakan cara anda sendiri, tapi percayalah, jika anda bisa menggunakan aturan itu dengan baik, maka anda akan bisa lebih cepat daripada menggunakan cara sendiri.

Mulai sekarang latihlah kecepatan menulis anda. Usahakan bisa mencapai kecepatna 60 kata per menit dalam waktu 2 bulan latihan. Karena sebenarnya, kita dituntut untuk bisa menulis hingga kecepatan hingga 2 kata lebih perdetik dengan spasi. Coba anda bayangkan bagaimanan menulis dengan kecepatan 2 kata perdetik seperti apa, dan anda harus bisa melakukannnya dengan baik tanpa typo.

2. Perbanyak kosa kata


menulis artikel dengan cepat
Selanjutnya, jika ingin menulis artikel dengan cepat, maka memperbanyak kosa kata adalah hal yang perlu diperhatikan. Apalagi jika anda adalah seorang penulis dalam bahasa inggris. Pasti kemampuan ini akan sangat diperlukan, mengingat ini adalah hal yang sangat vital peranannya.

Memperbanyak kosa kata bisa anda lakukan dengan sering sering berhubungan berkomunikasi dengan orang lain, membaca kamus dan buku, serta sering mendengarkan berbagai hal dan informasi. Dengan melakukan itu, maka anda akan memiliki banyak sekali kosa kata.

Yang menyebabkan seseorang menjadi lambat dalam menulis adalah karena kurangnya kosa kata. Bisa saja ia telah memiliki kemampuan menulis dengan cepat, namun dia tidak tahu harus menuangkan dalam rangkaian kalimat yang tepat. Jadi ide dan kecepatan menulis itu penting, namun memperkaya diri dengan kosa kata juga tak kalah penting. Hal inilah yang perlu anda perhatikan.



Terkadang kita memang sudah punya ide dan gambaran dengan jelas dalam membahas suatu masalah. Namun karena kurangnya kosa kata, kita jadi kesulitan dalam mengubah gambaran itu kedalam suatu kata kata yang tersusun dalam kalimat yang akan menjadi paragraf demi paragraf. Ini tentunya akan menjadikan diri anda lebih lambat dalam menulis.

Kaya kosa kata dengan sering menulis

Kalau saya sendiri, dengan sering menulis maka kosa kata akan semakin tambah. Karena bagi saya menulis itu tak bisa terlepas dari mendapatkan referensi dari artikel lain. Hal ini tentunya agar artikel yang dimuat itu bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Dengan mencari referensi dari artikel lain juga akan mengakibatkan artikel kita lebih lengkap, dan tentunya juga akan teruji kevalidannya.

Dengan sering sering mencari sumber referensi, baik dari media online maupun media offline maka kekayaan kita akan kosa kata akan bertambah. Jadi saat mau nulis tidak perlu susah susah dalam merangkai kata yang tepat. Jadi anda dapat menulis artikel dengan cepat tanpa perlu loading lama dalam hal mengubah suatu ide, gagasan maupun pemikiran menjadi butiran kata kata yang akan menjadi kumpulan kalimat penuh makna.

Maka dari itu, perbanyaklah kosa kata agar kita bisa menulis artikel dengan cepat tanpa banyak gangguan.

3. Pelajari mengenai cara menulis artikel dengan baik benar


menulis artikel dengan cepat
Dalam menulis itu ada suatu kaidah dan ketentuan yang harus dilakukan. Baik penggunaan kata yang sesuai EYD, maupun menggunakan huruf kapital yang tepat. Maka dari itu, anda harus bisa mengetahui cara menulis artikel dengan baik dan benar.

Ini penting, karena apabila anda sudah terbiasa menggunakan kata kata sesuai dengan kaidah ketentuan yang ada, maka tulisan akan menjadi lebih rapi, dan penulisannya juga lebih mudah sehingga anda dapat menulis artikel dengan cepat.

Sebagai seorang blogger, memang tidak terlalu terikat seperti gaya penulisan jurnalistik untuk web berita. Namun bagaimanapun juga, menulis dengan menggunakan kata yang baku dan santai itu perlu. Selain itu, memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca juga perlu diperhatikan.

Saya sendiri sampai saat ini belajar untuk menulis dengan menggunakan kata baku yang sesuai kaidah EYD. Hal ini penting, karena artikel blog saya sering ditranslate oleh orang luar negeri. Jadi kalau menggunakan kata yang alay dan semau gue, pasti tidak bisa ditranslate dan malah gagal paham. Jadi penting hukumnya untuk bisa menulis artikel dengan baik dan benar.

4. Sering sering membaca artikel


Dengan sering sering membaca artikel, maka anda akan lebih terbiasa dalam hal kepekaan dengan berbagai jenis gaya dan kepribadian setiap tulisan. Jika anda sering membaca, maka kecepatan membaca akan lebih baik, kemampuan merekam akan lebih baik, dan juga secara tidak langsung akan menambah wawasan mengenai kosa kata, gaya penulisan artikel, kaidah penulisan artikel dan sebagainya.

Sering sering membaca artikel adalah hal yang memang harus dilakukan oleh seorang blogger demi bisa menulis artikel dengan cepat dan hasil tulisannya juga layak untuk dibaca. Saya sendiri sampai sekarang ini terus menerus untuk melatih kemampuan menulis dengan membaca. Karena bagi saya membaca adalah hal yang diutamakan. Disela sela waktu, saya juga membaca, sekaligus belajar dari gaya penulisan orang lain.

Membaca artikel pun dapat digunakan untuk menemukan ide yang tepat. Disaat saya kesulitan mendapatkan ide untuk nulis. Saya sendiri sering browsing sana sini untuk mendapatkan referensi. Karena bagi saya sendiri menulis itu tak pernah terlepas dari kegiatan membaca dari berbagai sumber. Baik dari internet ataupun dari referensi offline saya sering mencari cari untuk dijadikan cuplikan dalam suatu artikel.

Membaca kunci untuk menulis artikel dengan cepat

Untuk bisa menulis artikel dengan cepat memang tidak bisa hanya bermodal membaca saja. Ada berbagai faktor lain seperti poin sebelumnya. Namun setidaknya bagi orang yang suka membaca, pasti mereka lebih memiliki kemampuan menulis dengan lebih baik daripada mereka yang tak pernah atau jarang membaca.

Hal ini memang sudah dibuktikan dengan berbagai percobaan. Maka dari itu, jika anda punya anak kecil, latihlah agar senang membaca. Hal itu agar jika sudah besar, mereka memiliki wawasan yang lebih banyak daripada teman sebayanya.

Dari berbagi sumber juga menyebutkan bahwa orang sukses dunia itu kebanyakan memiliki kebiasaan atau hobi dalam hal membaca. Bahkan hal itu menjadi santapan wajib setiap hari atau sebelum mereka tidur. Misalnya saja Bill Gates yang merupakan penggemar buku. Bahkan saat mau makan saja dia bawa buku hingga di sindir sama orang tuanya. Itulah salah satu kecintaan orang terhadap buku yang mampu menambah wawasannya.

5. Belajar memodifikasi artikel lain


menulis artikel dengan cepat
Ada beberapa tahapan dalam memodifikasi artikel. Diantaranya adalah membaca artikel, memahaminya, mengambil inti pokok pada masing masing paragraf, lalu menulisnya dengan gaya bahasa sendiri. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar artikel untuk blog lebih terkesan orisinil dan juga tidak dianggap plagiat oleh orang lain. Belajar memodifikasi artikel orang lain itu penting.

Intinya kalau anda ingin membuat artikel sendiri tanpa hasil dari modifikasi dari orang lain itu bisa dibilang sulit. Misalnya anda ingin membahas mengenai gunung, maka anda mau tidak mau harus menjelajah gunung itu sendiri untuk bisa mewujudkan suatu artikel. Atau kalau anda ingin membahas mengenai suatu tutorial dan panduan. Maka itu juga harus membuat tutorial sendiri lalu baru menuliskannya. Jadi semuanya tentu akan membutuhkan waktu yang lama.

Maka dari itu, anda juga perlu belajar memodifikasi artikel dari sumber lain untuk digunakan di blog sendiri. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh banyak orang. Ada yang manual ada pula yang menggunakan suatu tools software. Namun hal itu tidak baik. Apalagi jika ingin mengubah artikel dari blog bahasa asing ke bahasa sendiri ataupun sebaliknya. Pasti apabila menggunakan tools, hasilnya akan kacau.

Dengan cara manual yang biasa dilakukan adalah dengan mengubah gaya bahasa dengan gaya sendiri, mengubah susunan kata dan kalimat dalam paragraf, merangkum, mengurai, menyempurnakan dengan berbagai artikel dan masih banyak lagi yang sering dilakukan oleh banyak orang. Anda bisa menggunakan berbagai cara yang memang anda sendiri menguasainya.

Dapat menggunakan gaya sendiri


Kalau saya sendiri suka menggunakan gaya bahasa sendiri. Caranya adalah dengan membaca artikel dari beberapa sumber, menyimpulkan, lalu dijabarkan kembali dengan gaya bahasa sendiri yang ditambah dengan berbagai jenis opini dan fakta sesuai pengetahuan diri sendiri.

Anda bisa juga menggunakan cara itu apabila anda kesulitan untuk merewrite atau menulis ulang dari sumber lain. Intinya, anda harus bisa mengumpulkan dan menyimpulkan informasi dari berbagai sumber dengan cepat. Misalnya untuk membuat artikel 500 kata dalam waktu 30 menit, maka maksimal 8 menit untuk mendapatkan semua informasi, selebihnya untuk nulis dan edit.

Memang pada dasarnya menulis artikel dengan cepat itu tidaklah sulit jika anda sudah tahu caranya. Dulu pas saya lagi produktif produktifnya, saya dalam waktu 4 jam saja bisa menghasilkan 10 artikel dengan panjang yang beragam. Namun sekarang ini hal itu terasa sangat sulit. Bukan karena nggak bisa menulis cepat lagi, namun mengatasi rasa malas itu yang sangat sulit.

Demikianlah pembahasan mengenai tips menulis artikel dengan cepat. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog klikmania ini ya. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat untuk orang lain. Terima kasih.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: