"Cara Buat Sitemap Blogspot || Daftar Isi Otomatis"


Bagaimana cara membuat sitemap blog atau daftar isi artikel di halaman blogger? ternyata masih banyak orang blogger yang masih belum mengerti cara membuat halaman daftar isi di blog miliknya. Untuk itu mari kita belajar membuat daftar isi/sitemap dan memasangnya di halaman blog Anda.

Panduan tutorial membuat sitemap/daftar isi blogger ini saya buat berdasarkan yang saya terapkan di blog ini. Untuk itu saya berikan tutorial ini agar Anda juga dapat menerapkannya di blog Anda. Untuk demo halaman sitemap yang akan kita buat, silakan lihat di halaman sitemap blog ini.


Setiap blog haruslan memiliki halaman daftar isi artikel atau yang sering disebut dengan sitemap blog. karena melalui daftar isi akan menampilkan seluruh isi konten/artikel yang ada di blog kita. Sehingga dengan mengujungi halaman sitemap blog, pembaca yang berkunjung ke blog kita akan dengan mudah untuk mencari dan memilih semua konten atau artikel yang mereka cari. Sehingga pembaca akan sangat senang dengan kemudahan yang Anda diberikan melalui daftar isi blog Anda.

Fungsi dari Stemap / Daftar isi :

1. Mempermudah Mencari Artikel

Dengan disediakannya peta situs, mempermudah pengunjung untuk mencari artikel lain yang ada pada halaman situs anda. Cara ini lebih efektif ketimbang pengunjung harus mencari kesana kemari, mengklik tautan older post atau artikel lainnya dan sebagainya.

2. Sebagai Alat Navigasi Situs

Daftar isi juga merupakan salah satu bagian dari sebuah alat navigasi yang dapat sebagai menjadi pelengkap sebuah situs. Dengan adanya navigasi lengkap, tentu akan mempermudah pengunjung untuk mencari-cari konten pada laman situs milik anda.

3. Mempermudah Pengindeksan

Tentu, selain mempermudah pengunjung mencari artikel situs, tidak ketinggalan pula bahwasanya daftar isi juga berpengaruh ke dalam pengindeksan. Adanya daftar isi, spider dapat dengan mudah melakukan indeks pada laman anda dan akan lebih cepat prosesnya.

4. Sebagai Internal Link

Internal Link atau dalam bahasa Indonesia merupakan Link yang masuk ke dalam Laman Situs milik senidir. Dengan adanya daftar isi ini tentu akan lebih membantu menaikkan situs anda di dalam hasil penelusuran google.

5. Memberi Gambaran Situs yang Baik

Adanya daftar isi dapat memberikan sebuah gambaran yang baik mengenai laman situs. Gambaran yang baik ini merupakan salah satu pertanda bahwa situs dibuat dengan kesungguhan nyata dan bukanlah sebuah lelucon yang dibuat secara main-main saja.

Sebenarnya, masih ada lagi fungsi daftar isi yang lain yang tidak kalah penting. Namun, saya ringkas dalam satu kesatuan yang utuh pada 4 poin penting di atas.
Dengan adanya daftar isi tentu akan sangat berpengaruh dalam proses penigndeksan spider yang dapat membantu dan mempermudah pengindeksan. Serta, dapat menghindari adanya duplikat posting di berbagai label/kategori situs.

Lalu langkah langkahnya untuk membuat daftar isi bagaimana min?
berikut ini akan saya tuliskan langkah langkahnya.

1. Masuk ke akun blogger
2. Pilih menu 'Template'
3. Klik tombol 'Edit HTML'
4. Masukkan kode berikut sebelum </head>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><script type='text/javascript'> //<![CDATA[ function kedua(e){function t(){if("entry"in e.feed){var t=e.feed.entry.length;numberfeed=t;ii=0;for(var n=0;n<t;n++){var r=e.feed.entry[n];var i=r.title.$t;var s=r.published.$t.substring(0,10);var o;for(var u=0;u<r.link.length;u++){if(r.link[u].rel=="alternate"){o=r.link[u].href;break}}var a="";for(var u=0;u<r.link.length;u++){if(r.link[u].rel=="enclosure"){a=r.link[u].href;break}}var f="";if("category"in r){for(var u=0;u<r.category.length;u++){f=r.category[u].term;var l=f.lastIndexOf(";");if(l!=-1){f=f.substring(0,l)}postLabels[ii]=f;postTitle[ii]=i;postUrl[ii]=o;ii=ii+1}}}}}t();sortBy="titleasc";sortPosts(sortBy);sortlabel();tocLoaded=true;displayToc2();document.write();document.write('Sitemap');}function filterPosts(e){scroll(0,0);postFilter=e;displayToc(postFilter)}function allPosts(){sortlabel();postFilter="";displayToc(postFilter)}function sortPosts(e){function t(e,t){var n=postTitle[e];postTitle[e]=postTitle[t];postTitle[t]=n;var n=postUrl[e];postUrl[e]=postUrl[t];postUrl[t]=n;var n=postLabels[e];postLabels[e]=postLabels[t];postLabels[t]=n;var n=postBaru[e];postBaru[e]=postBaru[t];postBaru[t]=n}for(var n=0;n<postTitle.length-1;n++){for(var r=n+1;r<postTitle.length;r++){if(e=="titleasc"){if(postTitle[n]>postTitle[r]){t(n,r)}}if(e=="titledesc"){if(postTitle[n]<postTitle[r]){t(n,r)}}if(e=="dateoldest"){if(postDate[n]>postDate[r]){t(n,r)}}if(e=="datenewest"){if(postDate[n]<postDate[r]){t(n,r)}}if(e=="orderlabel"){if(postLabels[n]>postLabels[r]){t(n,r)}}}}}function sortlabel(){sortBy="orderlabel";sortPosts(sortBy);var e=0;var t=0;while(t<postTitle.length){temp1=postLabels[t];firsti=e;do{e=e+1} while(postLabels[e]==temp1);t=e;sortPosts2(firsti,e);if(t>postTitle.length){break}}}function sortPosts2(e,t){function n(e,t){var n=postTitle[e];postTitle[e]=postTitle[t];postTitle[t]=n;var n=postUrl[e];postUrl[e]=postUrl[t];postUrl[t]=n;var n=postLabels[e];postLabels[e]=postLabels[t];postLabels[t]=n}for(var r=e;r<t-1;r++){for(var i=r+1;i<t;i++){if(postTitle[r]>postTitle[i]){n(r,i)}}}}function displayToc2(){var e=0;var t=0;while(t<postTitle.length){temp1=postLabels[t];document.write('<p style="background: #f7f7f7;padding: 5px;" />');document.write('<span class="labl"><span>Label :  </span><a href="/search/label/'+temp1+'">'+temp1+"</a></span><ul class='postname'>");firsti=e;do{document.write("<li>");document.write('<a href="'+postUrl[e]+'">'+postTitle[e]+"</a>");document.write("</li>");e=e+1}while(postLabels[e]==temp1);t=e;document.write("</ul>");sortPosts2(firsti,e);if(t>postTitle.length){break}}}var postTitle=new Array;var postUrl=new Array;var postLabels=new Array;var postBaru=new Array;var sortBy="titleasc";var tocLoaded=false;var numChars=250;var postFilter="";var numberfeed=0;document.write("") //]]> </script><b:else/></b:if>

5. Pilih menu 'Laman' atau 'Pages'
6. Buat laman baru (Klik tombol 'Laman baru' > 'Laman kosong')
7. Pilih mode 'HTML'
8.Beri judul Daftar Isi atau Sitemap (judul terserah anda)
9. Masukkan kode berikut

<script src="http://cara-downloads.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=kedua"></script>

10.Ganti kode 'cara-downloads' di atas dengan alamat blog anda
11. Publikasikan

Selesai silahkan lihat hasilnya..
Axact

ARTIKEL BELAJAR SEO

ARTIKEL BELAJAR SEO Adalah sebuah blog yang membahas search engine optimization khususnya search pada mesin pencarian yang paling terkenal GOOGLE. Sebagian artkel ini kami Copas dari berbagai sumber, tidak mengurangi hormat kami, kami mohon maaf jika artikel anda kena copas semoga ilmu yang anda tulis di blog bisa bermanfaat dan tentunya pahala akan mengalir kepembuat tulisan pertama..Aamiin

Post A Comment:

0 comments: