Panduan
lengkap belajar SEO (Search Engine Optimization – Optimalisasi Mesin Pencari)
mulai dari A sampai Z. Menyeluruh, terurut, dan lengkap.
Target
pembaca: pemula sampai menengah, tapi tentu tidak tertutup juga bagi para
pelaku SEO yang merasa dirinya master dan tentu siapapun yang ingin mendalami
dan memahami seluk beluk dunia SEO.
SEO dan
Bukan SEO Kebanyakan orang - okey,
hampir semua orang yang baru nyemplung ke dunia SEO - secara sederhana
menyamakan SEO dengan mendapat peringkat #1 untuk sebuah website di Google.Tapi
sesungguhnya SEO jauh lebih luas daripada itu. Ada tiga langkah u...
Ada yang
mau lihat lihat koleksi atau membeli KAOS
DAKWAH atau KAOS
DISTRO bisa di lihat stok nya di GHIRAH
Sesuaikan
Strategi SEO Memahami Cara Kerja Mesin Pencari Logis saja kalau anda ingin
menempati posisi #1 untuk kata kunci yang dipilih, konsekuensinya anda harus
memahami bagaimana cara kerja mesin pencari. Artinya, anda tidak hanya harus
tahu faktor apa saja yang digunakan se...
Contoh
Kustomisasi Strategi SEO Setiap website punya tujuan yang berbeda, tujuan ini
yang akan menentukan jenis keyword apa yang ingin disasar, bagaimana komposisi
audien-nya, seberapa ganas persaingannya, seberapa kuat modal dan waktu yang
mampu anda keluarkan.Seperti yang sudah sa...
Pola
Pikir SEO Berpikir Jangka Panjang Search Engine Optimization bukanlah program
'cepat kaya', juga bukan aktivitas jangka pendek yang hanya memberi hasil
sementara dengan resiko di-blacklist oleh mesin pencari.Artikel yang merupakan
bagian dari seri belajar SEO ...
SEO:
Pentingnya Sistem dan Prioritas Memiliki sebuah 'sistem' untuk mencapai tujuan
adalah langkah berikutnya untuk seseorang yang harus menyelesaikan suatu jenis
proyek lebih dari satu kali. Contoh; web desainer yang harus menyelesaikan
10-20 situs setiap tahun punya sistem, programer yang ...
Strategi
Diversifikasi Dalam SEO Search Engine Optimization (SEO) adalah proses untuk
mengarahkan trafik pengunjung dari mesin pencari ke sebuah website. Proses ini
tidak mungkin dimengerti kalau belum paham bagaimana cara kerja mesin pencari.
Secara khusus, sebelum belajar SEO, kita har...
Memahami
Mesin Pencari (Search Engine) Jadi bagaimana sesungguhnya cara kerja mesin
pencari dalam konteks SEO (Search Engine Optimization)? Indeks Mesin Pencari
Walaupun penting untuk memahami bagaimana cara mesin pencari 'membaca' sebuah
situs web dan menyimpannya di dalam indeks, bagi kita...
Komponen
SERP: Search Engine Results Page Search Engine Results Page (SERP) atau mungkin
kalau di-Indonesiakan secara bebas sebagai halaman hasil pencarian adalah
halaman yang anda lihat setelah anda mengetikkan kata kunci yang dicari pada
berbagai mesin pencari (search engine). Halaman tersebut ...
Apa sih
yang Google Mau? Pada Februari 2007, Google digunakan oleh 48,1 persen pencari
di seluruh Amerika Serikat - hampir dua kali Yahoo (28,1 persen) dan lebih dari
empat kali pemakai MSN (sekarang Bing - 10,5 persen) - Sumber: comScore,
Februari 2007 (http://www.comscore.com/p...
Apa sih
yang Google Mau? - Bag.2 Melanjutkan artikel sebelumnya tentang apa yang Google
mau. Kita bicara tentang relevansi, trust, dan authority. Bagian pertama sudah
menjelaskan apa itu relevansi (relevance), dan bagaimana kita meningkatkan
kualitas relevansi halaman web kita dengan apa...
Bagaimana
dengan Mesin Pencari Lain? Artikel pertama untuk tahun yang baru. :) Pada
artikel sebelumnya tentang faktor-faktor yang dinilai oleh Google, sudah
dijelaskan 3 faktor apa saja yang menjadi ukuran 'kualitas' oleh Google. Pada
tulisan kali ini saya akan merangkum apa yang menjadi fak...
Faktor-faktor
Penilaian Pada Mesin Pencari Tidak semua faktor penilaian peringkat pada mesin
pencari itu penting, beberapa ranking factor seperti PageRank (PR) hanya
penting dalam kondisi-kondisi tertentu. Yang lainnya seperti META tags,
fungsinya hanya untuk menyempurnakan detil dan tidak terlalu...
Google
Sandbox - Indikator Kualitas Berbasis Waktu Terlepas dari percaya bahwa 'Google
Sandbox' ini eksis atau tidak, tetap harus diingat bahwa Google menetapkan
kualitas (sebuah situs/website atau halaman web/webpage) menggunakan sejumlah
indikator berbasis waktu.Indikator ini berhubungan dengan prof...
Google
Pagerank Masih Penting Belakangan ini berkembang pandangan bahwa PageRank (PR)
sudah tidak penting, tapi kalau saya amati pernyataan tersebut seringkali
terlalu didramatisir dan mencerminkan persepsi terbatas (mungkin juga
disebabkan frustasi karena periode pembaruan nilai Page...
Faktor
Pemeringkatan On-Page Berikut ini adalah item-item on-page (elemen-elemen
halaman web) yang mempengaruhi posisi halaman tersebut pada SERP. Tag Title
Pada kode HTML anda akan melihat tag Title sebagai <title>, tag ini
tampil pada bagian atas jendela peramban dan muncul...
Faktor
Pemeringkatan On-Page - Bag. 2 Pada artikel sebelumnya kita membahas 3 faktor
pemeringkatan onpage dalam konteks SEO; Tag Title, Penggunaan Keyword, dan
Struktur URL. Pada bagian ini kita lanjutkan tentang Tag Meta Description dan
Duplicate Content. Tag Meta Description Tag Meta Descri...
SEO:
Faktor Penilaian Berdasarkan Situs Selain faktor pemeringkatan on-page dan link
based (link based ranking factors - akan dibahas dalam artikel selanjutnya),
ada sejumlah faktor yang diperhitungkan untuk menilai domain (website) itu
secara menyeluruh (bukan halaman secara individu - web pag...
SEO:
Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan Link based analysis membentuk inti
algoritma penilaian oleh mesin pencari, bahkan site based factors yang
dijelaskan sebelumnya memperhitungkan tautan/link pada satu atau beberapa
bagian.Nah, saya tidak ingin terobsesi dengan urusan link, tapi tetap h...
SEO:
Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan Bag.2 Masih tentang faktor penilaian mesin
pencari berdasarkan tautan (link-based ranking factors) menyambung artikel
sebelumnya. Relevansi halaman yang menaut Relevansi halaman yang menaut dinilai
berdasarkan:Konten dari halaman tersebut Link profile halam...
Membuat
Rencana SEO Sia-sia saja punya informasi tapi tidak punya pengetahuan dan
keinginan untuk menggunakannya secara efektif. Anda sedang membaca salah satu
artikel Panduan SEO, jadi saya anggap anda punya keinginan untuk memanfaatkan
ilmu SEO.Setelah punya keinginan,...
SEO:
Penentuan Tujuan Upaya SEO tidak ada gunanya kalau anda tidak punya gambaran
jelas tentang:tujuan situs yang di-SEO-kan siapa yang menjadi target
pengunjungnya apa yang anda ingin mereka lakukan apa tujuan jangka panjang anda
kemajuan yang dicapai dari waktu ...
Siapa
Target Audien Anda? Setelah anda memutuskan tujuan SEO-isasi, maka langkah
selanjutnya adalah menentukan siapa target audien situs anda. Tidak masalah
apakah situs tersebut menjual sepatu
atau hendak menggalang dana, anda harus menentukan siapa target
pengunjungnya.Bias...
Apa
Tujuan Situs (Website) Anda? Pada artikel seri Panduan SEO kali ini akan
dibahas tentang tujuan - atau tepatnya adalah kegunaan - dari situs anda. Untuk
siapa? Pada gilirannya adalah untuk anda, tapi sebelum anda 'mendapat' giliran
anda harus 'memberi' dulu. Jadi tujuan atau kegunaan...
Riset
Kata Kunci (Keyword Research) Riset keyword masih memegang peranan penting
walaupun peta dan strategi SEO sudah banyak berubah (dari optimalisasi on-page
menjadi link building dan sekarang ini social marketing). Sejak awal, Panduan
SEO ini hanya membahas analisis topik dan bagaimana m...
Alat
Bantu Riset Kata Kunci Ada beberapa alat bantu riset kata kunci (keyword
research tools) baik gratis maupun berbayar yang tersedia di internet untuk
membantu anda mengembangkan daftar kata kunci sekaligus memperoleh data
pencarian tentang kata-kata kunci tersebut.Anda bisa ...
Keyword
Research dengan Google Google Adwords Keyword Tool Tool keyword research ini
disediakan Google untuk membantu pengguna Google AdWords dalam mengestimasi
volume pencarian kata kunci dan kompetisi iklan untuk kata kunci tersebut. Anda
mendapat perspektif umum tentang kata kunci...
Keyword
Tools: WordTracker dan Keyword Discovery WordTracker WordTracker menawarkan
tools yang cukup lengkap untuk menghasilkan list kata kunci (keyword) dan juga
unggul untuk membandingkan popularitas kata kunci vs kompetisi (jumlah halaman
yang harus "dilewati" untuk sebuah keyword).Nilai popularita...
(Bukan
Cuma) Riset Keyword dengan Market Samurai Alat bantu riset keyword (keyword
research) favorit saya adalah Market Samurai (MS), sudah cukup lama saya
menggunakan alat bantu yang satu ini. Hampir sejak pertama dirilis. Tujuan
utama Market Samurai adalah upayanya dalam men-streamline-kan proses kerj...
SEO:
Sudahkah Anda Lakukan Dengan Benar? SEO bukan hal yang sulit tapi harus
dilakukan secara benar dalam urutan yang benar juga. Salah satunya tidak benar
maka upaya SEO akan sia-sia. 1. Keywords Keywords atau kata kunci yang anda
pilih adalah fondasi aktivitas SEO anda selanjut...
8 Cara
Menampilkan Halaman Terpenting (Untuk SE) Berikut ini cara-cara untuk
menampilkan halaman web terbaik anda di search engine (SE) dan sekaligus
menyembunyikan/menghilangkan halaman yang tidak
diperlukan/diinginkan.Tergantung pada bagaimana struktur link situs anda, suatu
halaman biasanya menda...
4 Alasan
Kenapa Google Mengabaikan Anchor Text Pada Tautan (Link) Anchor text, atau teks
yang terdapat pada tautan yang mengarah ke website anda memiliki efek besar
terhadap posisi situs anda di halaman hasil pencarian (SERP) Google.Misalkan
banyak situs lain yang menggunakan anchor text "buy blue band" untuk
menaut k...
Evaluasi
Kata Kunci Setelah anda memiliki daftar kata kunci yang terkait dengan niche
dan kebiasaan pencarian audien, langkah selanjutnya adalah menemukan kata kunci
mana saja yang paling bernilai dari daftar tersebut.Tidak ada cara yang
benar-benar pasti untuk mengevalu...
Evaluasi
Kata Kunci (2) - Memperkirakan Demand dan Relevansi Kita lanjutkan topik
belajar SEO kali ini, masih tentang evaluasi kata kunci. Kalau sebelumnya kita
mengevaluasi kata kunci berdasarkan persaingan/kompetisi, maka kali ini kita
mengevaluasi nilai sebuah kata kunci berdasarkan permintaan dan relevansinya.
...
Materi
belajar SEO di halaman ini diperbarui setiap minggu.
NB. SEO
itu tidak sulit, tapi upaya SEO yang efektif, terutama tentang link building
seringkali butuh waktu dan upaya konsisten yang tidak semua orang bisa lakukan.
Seperti halnya urusan lain, anda mungkin butuh bantuan untuk melakukannya.
Silakan coba jasa SEO yang saya sediakan.
Post A Comment:
0 comments: