Saya akan memberikan beberapa contoh mengenai apa, bagaimana dan seperti apa jenis atau tipe backlink yang sangat beresiko tinggi terkena update Penguin Algorithm serta tips cara untuk menghindari turun peringkat akibat Penguin update.

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman yang benar-benar terjadi jadi saya berharap anda tidak melakukan hal-hal “kurang pintar” seperti yang pernah saya lakukan beberapa tahun lalu tepatnya mulai sekitar tahun 2008 hingga 2012. Pada dasarnya semua masalah berasal dari update algorithm dimana pada saat metoda/teknik SEO yang dilakukan pada saat itu belum termasuk kedalam pelanggaran dan berikut ini penjelasannya:
Ada yang mau lihat lihat koleksi atau membeli KAOS DAKWAH atau KAOS DISTRO bisa di lihat stok nya di GHIRAH
Nama dan Jenis Backlink “Santapan” Penguin

Ada banyak sekali nama dan jenis backlink yang bisa menjadi masalah dikemudian hari contohnya adalah:

Backlink Dari Forum Signature

Bagi para praktisi SEO pasti kenal dengan PAUL dan ANGELA list backlink yang terbit sebulan sekali. Setiap edisi selalu berisi puluhan hingga ratusan data Forum seperti pagerank, cara membuatnya, screenshoot dari berbagai macam forum yang bisa dijadikan backlink berupa link profile. Cara ini sangat efektif di era 2008 hingga 2011 dan kami memiliki data list forum backlink mulai January 2008 hingga 2012 awal tapi setelah terjadi update algorithm web yang dioptimasi dengan forum signature runtuh satu persatu.


Backlink Shoutmix

Shoutmix adalah semacam widget yang berfungsi untuk chating antara pengunjung dan pemilik website. Web yang banyak menggunakan widget selain bravejournal, WP dan beberapa CMSlainnya. Bila anda membuat bakclink dengan backlink shoutmix maka secara otomatis anda akan mendapatkan sidewide backlink. Backlink Dari Shoutmix ini juga tergolong efektif diera 2008 hingga 2012 tapi lagi-lagi pengguna Backlink Dari Shoutmix ini tereleminir.

Blog Komentar Lokomedia

Blog komentar lokomedia hampir semuanya dofollow, Blog komentar lokomedia pada awalnya juga sangat baik untuk menaikan rangking karena backlink-nya berupa dofollow backlink tapi saat ini saya sangat yakin web yang dioptimasi menggunakan backlink dari Blog komentar lokomedia cepat atau lambat akan tereleminir juga.

Guestbook Backlink

Guestbook Backlink ada yang dofollow dan ada juga yang nofollow ada yang bisa kita isi dengan anchor text maupun tidak. Diera terdahulu web yang cuma mendapatkan backlink dari guestbook saja bisa berada di posisi teratas tapi sekarang sebaiknya kita hindari bila tidak ingin terkena penalize.

Software Iklan Massal

Tahukah anda bila Google menganggap web dengan jenis iklan massal adalah 80% Web SPAM? Belum lagi dengan kualitas web, isinya yang banyak berisi produk-produk dewasa, gambar-gambar p**n*.

Bookmarking


Saya pernah mengelola bookmarking Pligg. Saat itu Alexa rank bookmarking Pligg mencapai 30.000 + raihan Google adsense mecapai $300USD dari satu web pligg saja sebuah pencapaian yang cukup baik tapi setelah terjadi update tidak sedikit user yang mengirim email agar saya meremove link yang telah disubmit kedalam bookmark karena mendapatkan warning dari Google.

Cloacking Backlink

Cloacking Backlink adalah hidden link. Browser tidak dapat melihatnya tapi search engine bisa melihat dan mendetermasi serta memberikan value terhadap Cloacking Backlink tapi lagi-lagi Cloacking Backlink cuma menjadi kenangan saja.

WIKI Backlink

Webmaster yang menggunakan software SenukeXCR dan sejenisnya pasti banyak memiliki backlink dari Wiki dan backlink Wiki ini juga sangat manjur walau kebanyakan ber-tag nofollow. But Now don’t ever use Wiki backlink! bila tidak ingin ditelan Penguin.

Link Scheme

Berbicara tentang link scheme memang cukup sulit karena link scheme berhubungang dengan IPdan Timing tapi secara umum saya mengatakan link scheme berupa network blog yang kita kelola. Hukuman menggunakan tekhnik link scheme ini adalah untarural inbound link atau paid backlink.

Trackback dan Pingback

Kita bisa membuat ribuan bahkan jutaan Trackback dan Pingback dalam sehari tergantung dari kecepatan internet yang kita gunakan. Trackback dan Pingback sampai saat ini masih cukup dominan sebagai syarat untuk menaikan posisi tapi value yang diberikan tidak sehebat dulu lagi.

SPAM

Sama seperti trackback dan pingback web yang dioptimasi menggunakan artikel copas sampai sejauh ini masih cukup efektif tapi hal tersebut cuma masalah waktu cepat atau lambat pasti akan terkena “hukuman” dan itu sudah terjadi.
Tips Untuk Menghindarinya

Cara menghindarinya sudah banyak sekali saya tulis pada artikel-artikel terdahulu jadi tidak perlu untuk saya tuliskan lagi. Bila anda berminat membacanya silahkan baca artikel lain yang berjudul:
Bagaimana Cara Dapat Backlink? Gunakan Backlink Explorer Gratis Ini
Kesalahan-kesalahan Saat Melakukan Link Building
Apa C Class IP? Baca: Panduan Mencari, Membuat Backlink Yang Unik

Silahkan dibaca, bila bermanfaat untuk orang lain jangan segan-segan untuk sharing artikel ini untuk sesama.
Axact

ARTIKEL BELAJAR SEO

ARTIKEL BELAJAR SEO Adalah sebuah blog yang membahas search engine optimization khususnya search pada mesin pencarian yang paling terkenal GOOGLE. Sebagian artkel ini kami Copas dari berbagai sumber, tidak mengurangi hormat kami, kami mohon maaf jika artikel anda kena copas semoga ilmu yang anda tulis di blog bisa bermanfaat dan tentunya pahala akan mengalir kepembuat tulisan pertama..Aamiin

Post A Comment:

0 comments: