Sejak awal tahun 2012 saya menggunakan WordPress sedangkan tahun-tahun sebelumnya mulai tahun 2006 hinga 2011 akhir saya menggunakan Joomla!. Awalnya saya berpikir Joomla!CMS yang paling fleksibel karena bisa kita jadikan bermacam-macam tipe web mulai dari blog, company profile sampai situs belanja online tapi setelah mempelajari WordPress lebih dalam ternyata WordPress pun sama juga.

Secara SEO website berbasis Joomla! juga tidak kalah dibandingkan dengan WordPress sepanjang kita tahu bagaimana cara mengoptimasinya. Nah! dalam postingan kali ini saya ingin membahas tentang SEO Joomla! mudah-mudahan tips cara yang tepat, cepat, efektif dalam mengoptimasikan web berbasis Joomla! agar mendapatkan peringkat/posisi teratas didalam Google.
Ada yang mau lihat lihat koleksi atau membeli KAOS DAKWAH atau KAOS DISTRO bisa di lihat stok nya di GHIRAH
Kekurangan dan Kelebihan Joomla! Dalam Hal SEO

Joomla! terus berkembang, awal saya menggunakan Joomla! saat itu masih versi 1.0 lalu meningkat ke 1.5, 1.6, 2.5 dan sekarang sudah versi 3 (kalau tidak salah dan maaf karena lupa ).

Entah kenapa dari sekian banyak versi Joomla! semuanya cendrung tidak sempurna bila dibandingkan WP. Joomla! membutuhkan entah itu component, plugin, module untuk melengkapinya karena ibarat operating system Joomla! semcam Windows Default belum terinstall software pendukung. Secara keseluruhan banyak sekali kekurangan Joomla! dibandingkan dengan kelebihannya, Apa saja? berikut uraiannya.
Kekurangan Joomla! Untuk Urusan SEO

Yang pertama adalah URL yang kurang SEO Friendly. Walau perkembangan Joomla! sudah mencapai versi 3 saat ini tapi yang namanya URL tetap saja masih tidak SEO Friendly membuat kita harus menginstall beberapa component tambahan seperti SH404SEF, JoomSEF bila kita ingin menampilkan URL yang lebih SEO karena walau kita sudah merename htaccess.txt menjadi .htaccess dan mengaktifkan mod_rewrite tetap saja terasa kurang puas.


Berbeda dengan versi Joomla! 1.5, Joomla! versi 1.6 keatas terapat penambahan fitur meta description dan meta keyword tidak hanya pada content manager tapi juga pada category manager dan menu hal inilah yang kadang membuat user yang belum terlalu mahir dalam masalah SEO kerap melakukan kesalahan.


Dari sever side pun CMS Joomla! kerap bermasalah terutama pada mod rerwrite yang tidak sempurna sehingga banyak menimbulkan duplicate content. Google mengindex 2 URL berbeda padahal isinya sama sehingga menampilkan 2 URL padahal itu hanya 1 content.

Belum lagi untuk urusan security Joomla! cukup rentan terhadap bahaya “orang iseng” + dalam melakukan backup Joomla! tidak semudah kita melakukan backup pada WP.
Kelebihan Joomla! Dalam Hal SEO

Fitur membuat artikel pada web yang menggunakan Joomla! sudah built in dengan penambahan meta desctiprion, keyword, robots dan author dan pada Joomla! versi 1.6 keatas sudah ditambahkan content type.

Dalam hal Template Joomla! cukup fleksble yakni banyak tersedia module position yang bisa kita gunakan untuk keperluan-keperluan tertentu. Kita bisa install dan atur module selaras dengan penampilan yang kita inginkan.
Cara Tepat dan Cepat Mengoptimasi SEO Joomla!

Pada dasarnya tidak ada perbedaan besar mengenai cara-cara mengoptimasi website. Tidak peduli itu Worpdress, Drupal atau Joomla! secara prinsipal sama saja. Tapi bagi anda pengguna Joomla! boleh mengikuti anjuran berikut ini:
Pilih Joomla! Template yang memiliki struktur SEO friendly mulai dari code navigasi yang digunakan hingga struktur penulisan script
Sangat disarankan untuk menginstall component untuk membuat URL agar lebih SEOfriendly
Aktifkan Mod Rewrite bila tidak ingin menginstall component URL SEO Friendly
Hindari menggunakan component atau module berbasis Java, iframe dan sejenisnya yang banyak terdapat pada web Joomla! terutama untuk membuat content image slider, navigasi, flash dst
Jangan terlalu banyak menginstall component/module/plugin yang bisa membuat file web Joomla! anda menjadi besar sehingga mempersulit proses backup
Bergabung Dengan Komunitas Joomla! Itu Baik Sekali

Anda bisa mendaftar di forums.joomla.org untuk berinteraksi dengan pengguna CMS Joomla! lainnya disamping mendapatkan informasi yang sesuai mengenai perkembangan Joomla! CMS.

Kunjungi juga forum Joomla! Indonesia yang telah disediakan dan sudah eksis sejak lama karena ditempat seperti itu anda bisa mendaptakan ilmu yang bermanfaat tentang pengelolaan web yang menggunakan Joomla!.
Axact

ARTIKEL BELAJAR SEO

ARTIKEL BELAJAR SEO Adalah sebuah blog yang membahas search engine optimization khususnya search pada mesin pencarian yang paling terkenal GOOGLE. Sebagian artkel ini kami Copas dari berbagai sumber, tidak mengurangi hormat kami, kami mohon maaf jika artikel anda kena copas semoga ilmu yang anda tulis di blog bisa bermanfaat dan tentunya pahala akan mengalir kepembuat tulisan pertama..Aamiin

Post A Comment:

1 comments:

  1. I appreciate you and I would like to read your next post.
    Thanks for sharing this useful information.
    We know your time is very important.
    So, We will help you for finding many important website link that you need for every work.
    Just Bookmarks one website and get more website link .
    all important website link
    Seo Tutorial

    ReplyDelete