Tips Mengolah Ratusan Blog
Ada yang mau lihat lihat koleksi atau membeli KAOS DAKWAH atau KAOS DISTRO bisa di lihat stok nya di GHIRAH


Atas permintaan rekan rekan semua di forum , izinkan saya untuk sharing lanjutan atas kumpulan pertanyaan rekan rekan semua, yang sebisa mungkin saya paparkan dalam bahasa yang bisa dimengerti dan se simpel mungkin. Semua pertanyaan intinya menanyakan perihal :
1. Cara Update content / Posting
2. Berapa akun Adsense
3. Trik Online SEO
4. Trik Offline SEO
5. Backlinks
6. Bagi waktu

Baiklah rekan rekan, pertama saya ulangi sedikit sejarah saya mulai Internet Marketing kira kira di tahun 2008, Mula hanya memiliki 10 blog di blogger.com dan masih belajar tentang SEO, dan niche keyword research. Karena sambil belajar, tentu masih banyak kesalahan dalam hal pemilihan keyword nya karena ternyata kompetitor nya banyak banget, sehingga kala itu mustahil untuk berada di halaman 1 google. Selama 3 bulan pertama, setelah posting kontent secara rutin, penghasilan masih NOL. Sempat putus asa, akhirnya bertekad harus menghasilkan. Karena di Google agak sulit masuk di halaman 1, maka saya mulai cari strategi lain yakni "bermain" di beberapa sosial medial dan blog media seperti MyBlogLog, Blogcatalog, Digg, Stumbleupon, Reddit, Blogsphere, Zimbio, Squidoo, Blogcarnival. Saya mencoba untuk posting dengan backlink ke blog saya.

Hasilnya lumayan banyak visitor yang mampir lewat media tersebut (bukan dari Google Search)...Penghasilan mulai bulan July

2008 sd June 2009 sbb :
July $0.92
Oct $ 0.12
Nov $ 8.75
Dec $ 20.19
Jan $ 3.90
Feb $ 4.97
Mar $ 10.95
apr $ 43.32
May $ 85.74
Jun $ 169.09

Dalam waktu setahun dimulai dengan 10 blog sampai 100 blog baru menghasilkan @169.09. Tapi semangat nya luar biasa juga, bangga bisa dapet DOLLAR. Setelah itu sambil memperdalam ilmu SEO dan belajar secara otodidak dari para pakar internet marketing, maka saya memberanikan diri dan menganut "the law of large numbers" alias lebih banyak blog yang menghasilkan $ lebih baik. Waktu itu saya target 1000 blog dengan asumsi kalo 1 blog bisa menghasilkan $1 saja per hari kan lumayan juga $1.000 per hari. Akhirnya dengan tekad dan bermimpi menghasilkan dollar yang banyak, dimulai lah "proyek" raksasa ini...target 1000 blog. Untuk itu semua di mulai dengan "keyword research" menggunakan adwords google dan keyword tracker.

Selama beberapa hari saya mengumpulkan ratusan niche keywords yang akan menjadi alamat URL blog saya. Selanjutnya, saya membuat beberapa akun di gmail dan mendaftarkan nya di blogger.com. Semua saya ada 8 akun gmail. Selanjutnya di blogger.com saya mulai mem "booking" url berdasarkan niche keyword itu. Setelah mendapatkan 100 url, kemudian ke akun berikut nya dan seterusnya. Semua masih kosong dan belum ada kontentnya. Yang penting dapet url nya dulu. Setelah mendapatkan 300 URL,
kemudian satu per satu blog nya diberi kontent, gadget, gambar, dibuat search engine friendly (SEO) di onpage nya, misalnya meta description, meta keywords, keyword density, onpage link, outbound link. Enaknya di blogger.com semua nya sudah tersedia tinggal kita atur. Oh iya..ternyata blogger.com itu milik nya Google ya..shg semua fasilitas SEO dan gadget akan sangat mendukung untuk dapat membantu blog kita masuk top-10 Google. Pasti Google akan "sebisa" mungkin menolong blog miliknya, blogger.com, tentunya dengan cara yang sehat, sesuai aturan umum.

Yang lama memang mengisi content. Content diupayakan jangan 100% copas, sebisa mungkin 70% saja lah sisa nya 30% modifikasi, biar content terlihat fresh. Saya menggunakan autosummarize nya MS Word.
Saya mulai mengisi setiap blog minimal 10 content dan yang diposting langsung 3 content, sisa 7 content di tayangkan kedepan menggunakan auto date submitter di blogger.com, sehingga content tidak sekaligus tayang tapi ada jeda 1-4 minggu. Maksud nya agar konsisten "ada postingan baru".
Waktu itu saya menghabiskan 3-4 jam sehari kadang kadang sampe 6 jam mengisi setiap blog saya yang jumlah nya ratusan tersebut.
Kalo sehari 4-5 blog tersisi 10 kontent, maka sebulan kurang lebih 100 blog. dan 300 blog dalam 3 bulan.
Setelah itu mulai membuat 100 blog lagi (yang ke-400) dalam waktu 3 bulan dan seterusnya sampai sekarang. Tentu ada jeda waktu kosong dimana saya ngga ngeblog sama sekali, maklum manusia biasa yang bisa jenuh juga,. Ada beberapa komentar dari pakar IM bahwa sebaiknya jangan di blogger.com dan sebaiknya domain name sendiri...karena tidak baik kedepannya dan kurang keren menggunakan domain orang lain. Memang betul, tapi saya berpikiran lain...

Pertama blogger.com adalah miliknya Google..search engine nomor satu. Pasti ada "fasilitas fasilitas" yang akan mempermudah blog di blogger.com untuk mencapai halaman 1 tentu nya dengan cara halal. Dan saya ingin membuktikannya.Sampai bulan April 2012 ini posisi blog blog saya sebagai berikut :

SEARCH Top 10
MSN 86
Yahoo 73
Google 109
Total 268

Total ada 109 blog saya yang ada di halaman-1 Google, 73 blog di halaman 1 Yahoo! dan 86 Blog dihalaman 1 Bing/MSN.
Artinya dengan 109 blog di halaman-1 menghasilkan kurang lebih $ 899.99 bulan April ini atau $ 8.9 per blog halaman 1 atau $899.99 / 600 blog = $ 1.50 per blog per bulan atau $ 0.05 per blog per hari. Masih jauh dari $1 per hari.Namun potensi tersebut masih tetap terbuka.

Setelah memiliki 600 blog, bagaimana mengupdate nya ? Saya harus punya prioritas. Untuk itu saya mengkategorikan seluruh blog saya menjadi 3 bagian :
1. Posisi 10 besar Google
2. Posisi 11-50 besar Google
3. Posisi 51- 1000 besar Google.

Yang > 1000 besar Google sementara tidak saya sentuh dulu. Dan menurut statistik terakhir posisi blog blog saya berdasarkan kategori tersebut diatas adalah sbb ;

SEARCH Top 10 Top 50 Top 10 Top 50 Top 1000
MSN 86 132 32% 24% 174
Yahoo 73 218 27% 39% 292
Google 109 207 41% 37% 392
268 100% 100%


Blog yang ada dihalaman 1 Search Engine ada 268 blog
Blog yang ada dihalaman 2-5 ada 557 blog.
Blog yang ada dihalaman 6 sd 100 ada 858 blog
Perlu di simak bahwa 109 blog dihalaman 1 Google kemungkinan besar ada juga di halaman 1 Yahoo dan Bing.
Berdasarkan statistik ini saya memprioritaskan yang ada dihalaman 1 Google dengan mensubmit content segar setiap minimal sebulan sekali..tapi konsisten. Kemudian saya fokus ke posisi halaman 2-5 Google karena berpotensi masuk ke posisi halaman 1 Google dan seterus nya.Setelah update konten, saya submit ke directories dan social media untuk membuat "backlink". Begitu seterusnya...dan tentunya tetap ada waktu jeda atau kosong dimana saya tidak ngeblog sama sekali...kadang kadang jenuh eeuy !
Waktu yang saya perlukan setiap hari kurang lebih 2.5 jam utk 10-20 blog.
Jadi pelajaran yang dapat di petik disini adalah anda harus mempunyai catatan progress dari setiap blog anda dari segi posisi thd bbrp search engine. Contoh sebagai berikut :

Blog No of Keywords ratio Back
No. per/day search/mnth Comp/BL Competitors Links PR GOOGLE AOL Y! bing
1 91 2.730 182.000 1.820.000 10 1 7 4 3 2
2 1 30 72.375 579.000 8 1 9 7 8 8
3 474 14.220 113.571 795.000 7 1 12 5 4 4
4 26 780 144.333 866.000 6 1 1 8 6 6
5 792 23.760 4.350.000 8.700.000 2 2 na 1 97 97
6 1.162 34.860 1.530.000 1.530.000 1 1 763 101 1000 9
7 190 5.700 286.667 860.000 3 2 4 7 4 4
8 dst....sd 600 blog

Sedikit keterangan:
Blog no.1 mempunyai keyword search per hari 91 atau 2.730 per bulan, dengan kompetitor 1.820.000 website/blog, total backlinks 10 , PR=1 dan posisi Google no.7 dihalaman 1, AOL no.4, Yahoo no.3 dan Bing no.2...semua di halaman 1 Search Engine. Posisi ini sewaktu waktu dapat berubah sesuai perkembangan. namum jika anda memenuhi segala persyaratan SEO, Fresh Content, backlinks, maka blog anda dapat bertahan cukup lama di halaman 1 dan insyaAllah mendapatkan DOLLAR.

Untuk SEO di blogger.com atau di blog anda yang perlu anda perhatikan adalah content anda harus memenuhi persyaratan keyword density yang setara dengan kompetitor anda. jangan terlalu banyak "keyword" di content anda, shg akan di catat oleh Search Engine. jangan lupa "link internal" ke halaman lain di blog anda. Kemudian di fasilitas "edit HTML", masukkan meta description dan meta keywords nya agar muncul di search engine. Selanjutnya gunakan "gadget" di blogger.com sebijak mungkin seperti RSS Feeds, News, Slideshow, HTML, Link to Blogs, Text Link, Youtube, dan fasilitas Adsense nya. Untuk adsensenya
pilih 3 text link dan 3 jenis lainnya (Leaderboard, Small Square dan Mini Skyscraper)
Saya memilih theme dan template yang simple yakni warna putih dengan 2-3 collumn type.
Untuk offpage SEO, submit URL anda ke beberapa Search Engine, Directories, Blog Directories, Social Media Website , Ezine Articles dan Go Articles.

Beberapa Internet Marketing tools yang mungkin akan membantu antara lain :
1. Freewebsubmission
2. SeoSerp
3. Mikes-marketing-tools
4. KPMRS
5. GrowURL
6. DiagnosticWeb
7.Serptools
8.Serprrush
9.websitegrader
10.addbacklinks

Demikian kira kira bagaimana saya memanage ke 600 blog saya. Kedepannya tetap target saya adalah 1000 blog mungkin baru selesai di akhir tahun 2012 (semoga belum kiamat ya...he..he). Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan dan mohon masukan dan saran sekiranya mungkin cara dan metode saya kurang tepat atau benar.
Salam hormat
Hadrian Nataprawira
Axact

ARTIKEL BELAJAR SEO

ARTIKEL BELAJAR SEO Adalah sebuah blog yang membahas search engine optimization khususnya search pada mesin pencarian yang paling terkenal GOOGLE. Sebagian artkel ini kami Copas dari berbagai sumber, tidak mengurangi hormat kami, kami mohon maaf jika artikel anda kena copas semoga ilmu yang anda tulis di blog bisa bermanfaat dan tentunya pahala akan mengalir kepembuat tulisan pertama..Aamiin

Post A Comment:

0 comments: